Krisis Air, Warga Malah Disuruh Follow Instagram SPAM Batam, Nitizen: Agak Lain Emang, Gila Followers Kalian Ya?

Dalam postingan Instagram story itu mengumumkan akan mendistribusikan air tangki bagi masyarakat yang membutuhkan jika mem-follow akun Instagram itu.

Abe Chan
Senin, 23 Januari 2023 | 17:12 WIB
Krisis Air, Warga Malah Disuruh Follow Instagram SPAM Batam, Nitizen: Agak Lain Emang, Gila Followers Kalian Ya?
Tangkapan layar postingan akun Instagram SPAM BP Batam. Instagram @spambpbatam (Instagram @spambpbatam)

Suara Sumatera - Dalam berapa hari terakhir diketahui sejumlah perumahan di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tengah dilanda krisis air bersih.  Di tengah krisis untuk mendapatkan air di sana, Instagram @spambpbatam malah menyuruh warga untuk mengikuti akun itu untuk bisa mendapatkan air tangki. 

Dalam postingan Instagram story itu mengumumkan akan mendistribusikan air tangki bagi masyarakat yang membutuhkan jika mem-follow akun Instagram itu. 

"Terkait Permintaan Distribusi Pengiriman Tangki Air Ke Wilayah Yang Terdampak Bisa DM, Akan Kami Kasih Contactnya. Syarat Follow IG @spambpbatam dan DM dengan sopan. DM tidak sopan tidak akan di layani," tulis postingan akun melansir batamnews.co.id, Senin (23/1/2023).

Netizen yang melihat kemudian melontarkan beragam komentar. Mereka menuliskan kekesalan di postingan Instagram tersebut. 

Baca Juga:Visi Eko Setyawan jika Terpilih Jadi Exco PSSI: Siap Dengar Semua Aspirasi hingga Ciptakan Federasi yang Bersih

"Apa betul kalo DM tidak sopan tidak dilayani? Gak perlu juga sih seperti itu. Psikologis banget kalo manusia perlu air, gak ada air menurut bapak2/ibu2 yg terhormat seperti apa?Tidak ada tenggat waktu sampai kapan mati airnya. Sedzolim ini,padahal berbayar bukan ngemis," tulis netizen.

"Agak lain emang, haus akan kehormatan tapi sendirinya kurang manusiawi," tulis nitizen lainnya. 

"Gilak gilak follower kalian itu ya? Bisa-bisanya kalian matiin air 24 jam, minta air aja pakai syarat kelen buat. Macam betool aja kelen," kata nitizen. 

Bubarkan SPAM Batam 

Anggota DPRD Provinsi Kepri Uba Ingan Sigalingging menilai, SPAM Batam di bawah Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah melanggar aturan sesuai di PP No 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum.

Baca Juga:Habiskan Libur Panjang, Tebet Eco Park Ramai Dikunjungi Warga

"Jelas di situ tertulis bahwa SPAM bertanggungjawab, tak hanya soal kualitas tapi juga distribusi dan menjamin hak rakyat atas kebutuhan air minum," katanya. 

Dirinya menganggap BP Batam gagal lantaran pelayanan tak sesuai PP 122/2015 terkait kontinuitas dan distribusi terhadap kebutuhan air bersih bagi rakyat.

Untuk itu, dirinya meminta agar SPAM Batam untuk dibubarkan. Pemerintah dalam hal ini Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dan juga Gubernur Kepri, Ansar Ahmad agar bisa menyelesaikan masalah tersebut. 

"Kalau begini kondisinya, bubarkan saja SPAM Batam," jelasnya.

Ia mengaku geram dengan pelayanan yang diberikan oleh SPAM Batam ke masyarakat. Pasalnya, banyak kesempatan diberikan untuk berbenah, namun faktanya sampai saat ini distribusi dan kualitas air tetap buruk.

"Sampai saat ini bukan saja waiting list daftar tunggu yang banyak dan tak mampu dipenuhi, tapi yang sudah ada saja mereka tak mampu memberikan pelayanan yang baik," cetusnya.

Pembohongan terhadap publik 

Ia mengatakan yang teraliri ke rumah-rumah masyarakat Batam saat ini adalah air bersih. Sedangkan diketahui bersama bahwa SPAM ialah penyedia air minum.

Dirinya menilai hal itu merupakan pembohongan publik yang dilakukan oleh BP Batam. Pemenuhan air minum itu belum terlaksana, yang sekarang terjadi di Batam adalah pemenuhan air bersih.

"Kita ini yang didapat adalah air bersih, belum air minum. Air bersih saja mereka gagal, boro-boro mimpi kita soal air minum. Seharusnya mereka bikin sistem pengelolaan air bersih saja, jangan SPAM (Sistem Pengelolaan Air Minum). Itu namanya pemotongan publik," jelasnya. 

Di tingkat air minum saja, kata Uba, jelas tak terpenuhi karena yang terjadi pendistribusian itu ialah untuk air bersih.

"Ini sungguh ironi, untuk air bersih saja mereka tidak mampu apalagi untuk air minum," katanya.

Berita ini telah terbit di batamnews.co.id dengan judul Story IG SPAM Batam Dinilai Baperan, Netizen: Agak Lain Emang!

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Unik

Terkini

Tampilkan lebih banyak